Kisah Kekejaman DI TII di Kuningan, Satu Desa Ludes Dibakar, Ada Warga Dibakar Hidup-hidup

Kisah Kekejaman DI TII di Kuningan, Satu Desa Ludes Dibakar, Ada Warga Dibakar Hidup-hidup

Kisah kekejaman tentara DI TII di Kabupaten Kuningan, khususnya di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru.-IPPHOS-radarkuningan.com

BACA JUGA:Bikin Betah di Rumah, Ini 4 Tanaman dengan Wangi Kalem Menenangkan!

Pada tahun itu, masyarakat sepakat melawan kekejian dan kekejaman para pemberontak. Hal itulah yang memicu para pemberontak tersebut marah dan membakar seluruh rumah yang ada di Desa Cipedes.

Namun kejadian itu pula yang membuat TNI turun tangan. Gerombolan yang terkenal sadis dan kejam itupun tersudut. Mereka banyak yang ditangkap, namun ada pula yang melarikan diri.

Setelah kondisi dirasa aman, warga yang mengungsi di beberapa desa tetangga tersebut, kembali ke Desa Cipedes. Hanya, karena rumah mereka habis dibakar, sehingga disepakati memindahkan kampung ke arah barat desa.

Ketika itu Desa Cipedes dipimpin oleh Kuwu Bahri. Sang Kuwu dan masyarakat bahu membahu membangun rumah-rumah warga di lokasi yang baru. Yang pada akhirhya warga pun bisa memiliki rumah dan sudah terjauh dari ancaman pembetontak.

BACA JUGA:Inilah 5 Arti Mitos Terhadap Kucing Menjadi Fakta yang Diungkapkan, Apakah Benar Susu Sapi Baik untuk Kucing?

Itulah kisah kelam warga Desa Cipedes pada zaman pemberontakan DI TI. Sekarang peristiwa tersebut tinggal kenangan. Juga bisa dijadikan pelajaran bagi generasi di masa kini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: