5 Macam Penyakit yang Disebabkan Tikus yang Harus Diwaspadai, Bahaya Hama Berkeliaran di Rumah

5 Macam Penyakit yang Disebabkan Tikus yang Harus Diwaspadai, Bahaya Hama Berkeliaran di Rumah

5 Macam Penyakit yang Disebabkan Tikus yang Harus Diwaspadai, Bahaya Hama Berkeliaran di Rumah-ist/Fantastic Pest Control-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Tikus adalah hewan pengerat yang tidak disukai banyak orang, bukan tanpa alasan tapi karena mereka membawa musibah dan masalah kesehatan pada kita.

Jangan salah, ada banyak penyakit yang disebabkan tikus berkeliaran rumah yang tidak kalian sadari dari mana datangnya.

Habitat hidup hama ini memang pada dasarnya berada di tempat kotor seperti di saluran pembuangan air dan juga tempat sampah.

Sehingga tidak heran jika tikus membawa bakteri dan penyakit. Oleh karenanya, inilah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tidak ada hama yang terpikat olehnya.

BACA JUGA:Mengenal 5 Jenis Pohon Yang Menjadi Sarang Ular, Jauhkan Pohon Ini Dari Rumah!

BACA JUGA:Waspada! Inilah 3 Jenis Ular yang Sering Bersarang dan Ditemukan di Halaman Rumah, Ada Ular yang Mematikan!

Kalian harus tahu nih apa saja bahaya tikus yang berkeliaran di rumah, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan tikus yang berkeliaran di rumah.

5 Penyakit yang Disebabkan Tikus Berkeliaran di Rumah

1. QFever

Penyakit yang disebabkan oleh tikus berkeliaran di rumah yang pertama adalah Q Fever. Bakteri Coxiella burnetii adalah penyebab penyakit Q fever, yang biasanya menyerang hewan ternak seperti kambing, domba, dan sapi. 

Bakteri dapat ditemukan pada plasenta hewan, urine, feses, dan susu. Jika partikel yang terkontaminasi terhirup, seperti feses, urin, susu, dan plasenta, zoonosis ini dapat menular pada manusia. 

Kebanyakan ditemukan pada hewan ternak, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tikus, salah satu hewan pengerat, juga dapat membawa masalah kesehatan ini. 

BACA JUGA:Banyak Kotoran Tikus, Ini 7 Tanda Adanya Sarang Tikus di Rumah yang Patut Diwaspadai

BACA JUGA:Hewan yang Masuk Telinga Bisakah Sampai ke Otak? Ternyata ini Jawabannya serta 3 Pencegahannya

Sebagian orang tidak sakit setelah terinfeksi, tetapi beberapa orang mengalami gejala seperti demam, menggigil, lemas, dan nyeri otot seperti flu.

2. PES

Kutu tikus dan hewan pengerat lainnya biasanya membawa bakteri penyebab penyakit pes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: