AA Ade Kadarisman di World Water Forum: Pesan Kearifan Lokal Mata Air Menggema

AA Ade Kadarisman di World Water Forum: Pesan Kearifan Lokal Mata Air Menggema

AA Ade Kadarisman di helatan World Water Forum. -Dok. Pribadi-radarkuningan.com

BACA JUGA:Baunya Bikin Kecoak Kabur, Berikut 6 Bahan Dapur yang Tidak Disukai Kecoak Karena Baunya

AA Ade Kadarisman menilai bahwa salah satu cara dalam merawat mata air di Indonesia adalah dengan menjaga kearifan lokal melalui budaya dan adat istiadat masyarakat yang sudah hidup dan tumbuh dalam rentang waktu yang lama.

"Saya percaya bahwa setiap tempat di Indonesia memiliki kearifan lokalnya sendiri," lanjutnya.

Beberapa contoh kearifan lokal tersebut misalnya tradisi ‘Jamparing Sunda’ yang diadakan di wilayah Sukabumi, Sumedang, dan Bandung.

Tradisi ini merupakan kegiatan yang digelar dalam rangka penyelamatan mata air, mencegah bencana, dan pelestarian alam dengan melakukan penanaman bibit-bibit pohon di sekitar mata air.

BACA JUGA:Jeane Victoria Resmi Dikeluarkan dari JKT48; Ternyata ini Alasannya!

Tak hanya itu, ada juga tradisi ‘Nabung Air’ di Kabandungan Sukabumi. Tradisi ini dilakukan dengan cara membuat lubang biopori untuk memperbanyak titik-titik resapan air dan penanaman pohon di lereng Gunung Salak dengan area penanamannya yaitu di semua zona mata air yang berada di sekeliling bendungan Cibodas.

Dibeberapa daerah di tatar Sunda juga mengenal tradisi "kawin cai" seperti di Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang secara filosofi juga mengajak untuk merawat mata air serta menjaga alam dan lingkungan hidup.

Sementara itu di Pulau Dewata Bali, tumbuh kearifan lokal yang dikenal ‘Sad Kerthi’ atau enam tindakan terpuji, diantaranya Giri Kerthi untuk gunung, Segara Kerthi untuk laut, Wana Kerthi untuk hutan, Ranu Kerthi untuk Danau, Dwi Kerthi untuk lahan pertanian, dan Jagat kerthi.

Akademisi dan penulis buku "Komunikasi Lingkungan: SDGs dan CSR" ini mengungkapkan bahwa strategi penguatan local wisdom yang sudah diwariskan para leluhur di setiap daerah menjadi baik dan efektif bagi upaya perlindungan dan kelestarian lingkungan dan mata air.

BACA JUGA:3 Karakter Anime Jujutsu Kaisen yang Merupakan Penggemar Aktor dan Musisi Legendaris; Adakah Jagoanmu?

"Selain kesadaran bersama untuk menjaganya, juga harus dilindungi oleh berbagai regulasi yang tepat, baik dari aspek konservasi, tata kelola air, dll. Sehingga kelestarian mata air akan terjaga dengan baik, menjadi warisan berharga untuk anak cucu kita di masa yang akan datang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: