No.4 Jangan Sampe Dilewatin! Ini 5 Cara Merawat Bayi Kucing yang Baru Lahir dengan Baik dan Tepat

No.4 Jangan Sampe Dilewatin! Ini 5 Cara Merawat Bayi Kucing yang Baru Lahir dengan Baik dan Tepat

No.4 Jangan Sampe Dilewatin! Ini 5 Cara Merawat Bayi Kucing yang Baru Lahir dengan Baik dan Tepat-photo by royal canin-radarkuningan.com

Namun, jika kamu kebetulan baru merawat bayi kucing sebagai hewan peliharaan tanpa kehadiran induk kucing, makan kamu perlu menyediakan nutrisi tersebut untuk mereka.

Kita bisa memberikan susu formula khusus kucing yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan atau petshop, dan ingat untuk jangan memberikan susu sapi karena tidak cocok untuk sistem pencernaan kucing.

Gunakan botol susu kecil yang dirancang untuk anak kucing, dan berikan setiap 2-3 jam untuk anak kucing yang sangat muda.  

BACA JUGA:Kenapa Kucing Liar Selalu Datang ke Halaman Rumah? Ini 4 Alasan yang Masih Jarang Diketahui

Setelah usia 4-5 minggu, mulailah memperkenalkan makanan padat seperti makanan basah yang dicampur dengan sedikit air atau susu formula.

3. Menjaga Kebersihan Anak Kucing

Kebersihan adalah faktor penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan infeksi pada hewan peliharaan kita.

Pertama, kita dapat menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan tubuh mereka, terutama area wajah dan pantat.

Setelah itu, pastikan juga tempat tidur anak kucing selalu bersih dengan mengganti alas dan selimut secara teratur.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan! 3 Makanan Yang Buruk Untuk Kucing Ini Jangan Sering Diberikan, Apa Saja?

 4. Ajak Sosialisasi dengan Manusia atau Hewan Peliharaan Lain

Sosialisasi yang terbentuk dari awal, nantinya akan membantu anak kucing mengembangkan kepribadian yang ramah dan juga adaptif.

Oleh karena itu, sering-seringlah bermain dan berinteraksi dengan anak kucing untuk membiasakan mereka dengan sentuhan manusia.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan lain seperti kucing yang lebih tua ataupun anjing, coba juga kenalkan mereka dengan cara membiarkan anak kucing berinteraksi, sembari diawasi oleh kita.

5. Melindungi Anak Kucing dari Infeksi Penyakit 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: