LUAR BIASA, Pekerja Sosial Masyarakat Kuningan Tangani ODGJ sampai Penyandang Masalah Sosial

LUAR BIASA, Pekerja Sosial Masyarakat Kuningan Tangani ODGJ sampai Penyandang Masalah Sosial

Pekerja Sukarela Masyarakat berkumpul di Dinas Sosial Kabupaten Kuningan untuk saling berbagi, Minggu sore 9 April 2023. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Momen bulan Ramadan benar-benar dimanfaatkan untuk saling berbagi oleh berbagai komponen masyarakat. Ini juga dilakukan puluhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Kuningan. Mereka membagikan 300 paket takjil kepada warga yang melintas di Jalan Siliwangi, Cirendang, tepat di depan Kantor Dinas Sosial Kuningan, Minggu sore 9 April 2023. 
 
Wakil Ketua Ikatan PSM Kuningan, Nana Supena menjelaskan, kegiatan ini merupakan  hasil kerjasama relawan PSM dengan Dinas Sosial.  
 
 
 
"Berbagi takjil kali ini ditargetkan kepada pengguna jalan di sekitar Cirendang. Baik pejalan kaki, pemotor dan pengendara roda empat. Ada 300 paket takjil gratis yang kami sediakan. Dibagikan mulai pukul 16:30 WIB," jelas Nana, Minggu 9 April 2023.
 
Sebanyak 25 orang petugas PSM menyambut pengguna jalan, di tepi lajur kiri maupun kanan. Warga tampak antusias berburu takjil gratis di lokasi tersebut. Hanya dalam waktu 30 menit, ratusan paket dalam kemasan ini laris diminati masyarakat.
 
 
 
Mengulas keberadaan Pekerja Sosial Mayarakat di Kabupaten Kuningan, Nana mengatakan, hingga 9 April 2023, anggota PSM yang telah mendapat SK Bupati berjumlah 55 orang.  Ditambah 77 orang anggota baru yang siap dikukuhkan  menjadi PSM di masa berikutnya.
 
Menurut Nana, jumlah ideal anggota PSM di setiap desa adalah 5 orang. Namun dengan beberapa pertimbangan, terlebih seorang PSM merupakan pekerja sukarela, IPSM Kuningan menargetkan perekrutan anggota baru 1 orang dari setiap desa di tahun 2023.
 
 
 
Tujuan diadakannya PSM sesuai aturan Kemensos adalah terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkesejahteraan sosial.
 
"Kemudian terwujudnya masyarakat yang memiliki keberfungsian sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri dan tertanganinya masalah sosial," katanya.
 
Sasaran kerja PSM adalah 26 jenis Penyandang Masalah Kesejateraan Sosial (PMKS). Sedangkan kegiatan yang sudah dilaksanakan PSM Kuningan adalah pendampingan ODGJ untuk dirawat.
 
 
 
"Juga membantu masyarakat yang memerlukan kursi roda, pendampingan kepada disabilitas, Kemudian anggota kami telah bertugas mendampingi pasien dari keluarga tak mampu,  yang memerlukan rujukan ke rumah sakit," ungkapnya.
 
Adapun rencana kerja IPSM dalam waktu dekat adalah pelatihan dasar pendampingan kepada masyarakat. Ditargetkan 100 anggota PSM mengikuti pelatihan ini, sekaligus mempersiapkan mereka menjadi mentor, bagi anggota baru yang akan direkrut. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: