Didik 128 Calon Pelatih Saksi, PDI Perjuangan Kuningan Siapkan Ribuan Saksi di Pemilu 2024

Didik 128 Calon Pelatih Saksi, PDI Perjuangan Kuningan Siapkan Ribuan Saksi di Pemilu 2024

DPC PDIP Kuningan menggelar pendidikan calon pelatih saksi di Gedung Graha Sajati BKPSDM Kuningan untuk Pemilu 2024.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Perhelatan Pemilu 2024 menjadi fokus utama perhatian partai politik peserta pemilu.

Salah satunya partai PDI Perjuangan. Bekerjasama dengan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPD PDIP Jawa Barat,  DPC PDIP Kuningan mendidik 128 calon pelatih saksi selama dua hari, Jumat dan Sabtu 28-29 Juli 2023.

Lokasi pendidikan di Graha Sajati, Kompleks BKPSDM Kabupaten Kuningan.

 
 
Pendidikan ratusan calon pelatih saksi ini dibuka Ketua DPC PDIP Kuningan, H Acep Purnama. Pembukaan pendidikan tersebut berlangsung hari Jumat 28 Juli 2022.
 
Selain Ketua DPC PDIP Kuningan, hadir juga jajaran pengurus partai, anggota DPRD Kuningan dari PDIP serta seluruh bacaleg parlemen daerah dari partai tersebut 
 
Saat membuka acara, Acep Purnama mengatakan, 128 kader ini mendapat gemblengan dari instruktur pelatih saksi yang berasal BSPN Jawa Barat.
 
Mereka disiapkan untuk melatih ribuan saksi yang disiapkan partai dan akan bertugas di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) se Kabupaten Kuningan pada Pemilu 2024. 
 
 
 
"Saksi di TPS ini sangat diperlukan untuk menjaga suara yang diperoleh partai maupun caleg. Agar pelatihan ribuan saksi lebih optimal dan tepat sasaran, kami mendidik dulu calon pelatih saksi. Usai menjalani pendidikan, barulah mereka diterjunkan melakukan pelatihan saksi-saksi," papar Acep Purnama, Jumat 28 Juli 2023.
 
Calon pelatih saksi yang dididik ini, kata Acep, diharapkan memiliki kemampuan untuk menghadirkan saksi yang kompeten serta memiliki rekomendasi yang sah dari DPC.
 
Ke 128 kader yang mengikuti pendidikan sebelumnya sudah menjalani seleksi yang ketat oleh partai.
 
 
 
Menurut Acep, pada Pemilu 2024, DPC PDIP Kuningan membutuhkan ribuan saksi. Jika di Kabupaten Kuningan terdapat 3.596 tempat pemungutan suara, maka PDIP akan menghadirkan 7.800 saksi.
 
"Satu TPS itu memerlukan dua saksi. Saksi ini bertugas mengawal suara yang diperoleh partai di Pileg maupun Pemilihan Presiden (Pilpres)," terang Acep.
 
Acep yang juga menjabat Bupati Kuningan tersebut optimis dengan kedisiplinan yang diperlihatkan kader PDIP di lima daerah pemilihan (Dapil). Sehingga suara partainya akan melonjak drastis pada Pemilu 2024. 
 
 
 
"Saya sangat optimis dengan semangat dan kerja keras seluruh kader bahwa perolehan suara PDIP pada Pemilu nanti akan sesuai harapan. Minimal bertahan seperti pemilu sebelumnya yakni bertahan sebagai pemenang pemilu," ungkap Acep. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: