Ada Aroma Mesiu Pertempuran di Dapil Kuningan III, 6 Ketua dan Istri Ketua Partai Saling Sikut di Pileg 2024

Ada Aroma Mesiu Pertempuran di Dapil Kuningan III, 6 Ketua dan Istri Ketua Partai Saling Sikut di Pileg 2024

Gedung DPRD Kuningan akan menjadi tujuan politisi dan kader partai untuk menghuninya. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Aroma mesiu pertempuran untuk memperebutkan 12 kursi DPRD Kuningan pada Pileg 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Kuningan III, mulai menyengat.
 
Ini tidak terlepas dari enam ketua partai politik, mantan ketua partai, mantan Plt Bupati, dan istri ketua partai maju dari dapil tersebut. Bahkan berbagai kalangan menyebut jika Dapil Kuningan III adalah dapil neraka.
 
 
 
Nama-nama tersebut adalah Ketua DPC PKB, H Ujang Kosasih, Ketua DPD PAN, H Uba Sobari, Ketua DPC Demokrat, H Lili Suherli, Ketua DPC PPP, H Toto Taufikurohman Kosim, Ketua DPC Nasdem H Cartam dan Ketua Partai PSI, Asep Papay.
 
Kemudian ada nama mantan Ketua DPD Golkar, H Yudi Budiyana, mantan Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, istri Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan Siti Sarah. 
 
Persaingan semakin seru lantaran istri Wakil Bupati Kuningan, Hj Yoan Ridho Suganda juga maju di dapil ini dari PDI Perjuangan.
 
Nama-nama caleg incumbent juga berpeluang kembali ke gedung parlemen daerah. Belum lagi caleg pendatang baru yang memiliki akar kuat di masyarakat 
 
 
 
Praktis dari 12 kursi yang tersedia di Dapil Kuningan III untuk DPRD Kuningan, 9 diantaranya kemungkinan menjadi milik para ketua partai, mantan ketua partai, istri ketua partai, mantan Plt Bupati dan juga istri wakil bupati.
 
Sisanya, 3 kursi diperebutkan caleg incumbent dan caleg pendatang baru. 
 
Ketua DPC PKB Kuningan, H Ujang Kosasih tak menampik ketatnya persaingan dari Dapil Kuningan III. Sebab, banyak ketua partai yang maju dari dapil ini.
 
Kendati begitu, Ujang tetap optimis partainya akan merebut tiga kursi atau naik satu kursi pada Pileg mendatang. Alasannya, partai sudah menyiapkan kader terbaik dan dikenal masyarakat di wilayah pemilihan ini.
 
 
 
"Ya memang betul Dapil Kuningan III sangat tinggi persaingannya. Banyak ketua partai yang maju. Saya sendiri, ada Pak Uba, Pak Lili, Pak Cartam, Pak dokter Toto, Pak Asep Papay, Pak Yudi dan juga caleg lainnya. Insya Allah, PKB bisa meloloskan tiga kadernya dari Dapil Kuningan III," terang Ujang Kosasih, Senin 31 Juli 2023.
 
Ujang mengatakan, pada Pileg 2019 lalu, partainya berhasil meraih dua kursi di DPRD Kuningan dari Dapil Kuningan III. Karena itu, dia berkeyakinan bisa menambah satu kursi pada Pileg yang akan datang.
 
"Target kami tiga kursi dari Dapil Kuningan III. Syukur-syukur bisa lebih. Kami yakin dengan kemampuan mesin partai yang terus bekerja," kata Ujang.
 
 
 
Ketua DPC Partai Demokrat Kuningan, H Lili Suherli mengaku jika dirinya mencalonkan diri untuk DPRD Kuningan dari Dapil III. Saat ini, partainya terus melakukan konsolidasi agar target yang sudah dicanangkan bisa tercapai.
 
"Saya maju dari Dapil III. Memang persaingan cukup berat karena hampir seluruh ketua partai di Kuningan maju dari dapil ini. Tapi semua tidak ada yang mungkin. Kuncinya kerja keras seluruh komponen partai," sebut pensiunan Kepala DPMPTSP Kabupaten Kuningan tersebut.
 
Sedangkan Ketua DPC Gerindra Kuningan, H Dede Ismail membenarkan jika sang istri, Siti Sarah ikut menjadi bacaleg dari Dapil Kuningan III.
 
Penempatan sang istri di dapil tersebut bukan sekonyong-konyong melainkan melalui pertimbangan politik yang matang. Ditambah lagi Gerindra meraih dua kursi dari dapil ini pada Pileg 2019 lalu.
 
 
"Betul istri saya sebagai bacaleg dari Dapil III untuk DPRD Kuningan. Targetnya Gerindra mempertahankan dua kursi seperti pada pileg sebelumnya. Sedangkan target kursi Gerindra di DPRD Kuningan adalah 10 kursi," jawab Deis, panggilan akrabnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: