Kenali 5 Manfaat Kucing Makan Rumput, Benarkah Baik Untuk Kesehatan Anabul?

Kenali 5 Manfaat Kucing Makan Rumput, Benarkah Baik Untuk Kesehatan Anabul?

manfaat kucing makan rumput-freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing saat ini adalah salah satu mahkluk hidup yang gemar memilih-milih makanan namun mereka tetap memiliki ciri-ciri dasar nenek moyang liar mereka.

Kucing sebagian besar adalah pemakan daging; Namun, sistem pencernaan mereka juga disesuaikan dengan pengolahan rumput.

Namun mengapa hewan yang tidak memiliki enzim yang tepat seperti kucing untuk mencerna tumbuhan dengan baik, ingin dan gemar memakan dengan rumput?

Ternyata ada manfaat kucing makan rumput yang jarang di ketahui banyak orang, seperti apa saja manfaat yang di dapat dan apakah ada hubungannya dengan kesehatan kucing?

BACA JUGA:Kucing Makan Rumput Untuk Apa? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Berikut manfaat kucing makan rumput

1.Agar Muntah

Crooks salah satu ahli dan juga peneliti mengatakan bahwa terkadang kucing memakan sayuran lalu muntah.

Salah satu hipotesisnya adalah bahwa rumput dapat dikonsumsi berdasarkan naluri untuk menginduksi muntah dan mengeluarkan bagian yang tidak dapat dicerna dari tangkapan baru-baru ini, seperti tulang dan bulu.

Ini juga bisa menjadi cara untuk mengeluarkan bola bulu yang menempel di perut kucing, atau bahkan parasit seperti cacing gelang, yang bisa menempel di perut dalam bentuk serangan yang buruk.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Kucing Berterima Kasih Kepada Manusia? Yuk Simak Disini Jawabannya

2.Asam folat

Ginjal dan hati mengandung asam folat, begitu pula sayuran dan rumput.

Asam folat juga terdapat dalam susu ibu kucing, sehingga anak kucing akan segera mendapatkan asam folat dalam jumlah banyak.

Ini membantu pertumbuhan, pencernaan, sintesis DNA, dan bahkan membantu memproduksi hemoglobin (mengangkut oksigen dalam aliran darah kucing).

Anak kucing yang kekurangan asam folat mungkin mengalami hambatan perkembangan.
Kebanyakan kucing mendapatkan cukup asam folat dalam makanannya, namun ada juga yang tidak, dan berisiko mengalami anemia.

“Mungkin saja kucing secara naluriah memakan rumput untuk meningkatkan kadar asam folatnya saat dibutuhkan. Kucing dalam ruangan yang kekurangan asam folat mungkin memerlukan resep diet atau suplemen asam folat,” kata Crooks seorang peneliti dan juga ahli.

BACA JUGA:Beberapa Keanehan Kucing Hutan, Sering Disebut Macan Akar, Tidak Selalu Tinggal di Rimba Raya

3.Pencernaan Alami

Rumput hijau mengandung serat yang dapat bertindak sebagai pencernaan alami.

makan rumput dapat membantu kucing mengeluarkan benda-benda yang mengalami kesulitan di saluran pencernaan, seperti bola bulu, cacing, atau bahkan tulang dan bulu mangsa yang berhasil melewati perut dan berada di usus.

Berdasarkan studi tahun 2019, para ilmuwan merasa kemampuan mengeluarkan parasit dari usus menjadi alasan utama mengapa kucing memakan rumput.

BACA JUGA:5 Makanan Kucing Bagus dan Murah Cuma Rp 20 ribuan, Mudah Didapatkan Di Pet Shop Ataupun Mini Market Terdekat

Saat ini, sebagian besar kucing dirawat oleh orang-orang yang memberi mereka makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup, sehingga mereka tidak kekurangan apa pun.

Meski begitu, kucing tetap suka merumput di rumput.Rumput bermanfaat bahkan bagi kucing yang diberi makan cukup.

Rumput menyediakan serat yang membantu pencernaan dan eliminasi. Kucing yang makan rumput secara rutin mungkin memiliki saluran pencernaan yang lebih teratur, lebih sedikit bola rambut, dan lebih sedikit sembelit.

Sekian artikel mengenai manfaat kucing makan rumput, semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan bagi para pembaca mengenai kucing terutama yang memiliki hewan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: