Bukan Jeff Bezos! Ternyata Bapak Ini Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah! Fakta Unik John D. Rockefeller

Bukan Jeff Bezos! Ternyata Bapak Ini Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah! Fakta Unik John D. Rockefeller

fakta menarik john d rockefeller-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

"Saya ingin berpartisipasi dalam tentara dan berbuat bagian saya," ujarnya. "Tapi itu sama sekali tidak mungkin. Tidak ada orang yang bisa menggantikan posisi saya. Kami berada dalam bisnis baru, dan jika saya tidak tinggal, maka bisnis itu harus berhenti—dengan begitu banyak orang yang bergantung padanya."

Bisnis komoditas Rockefeller mendapatkan keuntungan besar dari Perang Saudara dan memberikan modal yang dibutuhkan untuk masuk ke bisnis minyak.

Cleveland Adalah Pusat Pertama dari Kerajaan Minyaknya

Tidak lama setelah penemuan minyak bumi di Titusville, Pennsylvania, Rockefeller yang berusia 24 tahun terlibat dalam bisnis minyak yang baru lahir pada tahun 1863 dengan berinvestasi di sebuah kilang minyak di Cleveland.

Pada tahun 1870, ia mendirikan Standard Oil Company of Ohio bersama adiknya yang lebih muda William, Henry Flagler, dan investor lainnya.

BACA JUGA:Jangan Salah! Apakah Kucing Buta Warna? Ternyata Mata Kucing Cuma Bisa Melihat 3 Warna Ini

Melalui aliansi rahasia dengan perusahaan kereta api, mengakumulasi segmen rantai pasokan untuk mencapai ekonomi skala, membeli dan mengintimidasi pesaing, serta melayani permintaan yang meningkat untuk kerosin berkualitas.

Standard Oil akhirnya mengendalikan 90 persen kapasitas penyulingan minyak di Amerika Serikat. Pada tahun 1880-an, Rockefeller memindahkan markas besar Standard Oil ke New York City.

Menyumbangkan Lebih dari 500 Juta Dollar untuk Sumbangan Berbagai Kasus Filantropi

Dibesarkan oleh seorang ibu yang saleh, Rockefeller memberikan 10 persen dari pendapatannya ke gerejanya sejak gajinya pertama kali.

Setelah pensiun dari Standard Oil pada tahun 1897, ia meningkatkan sumbangan filantropinya dan menyumbangkan lebih dari setengah miliar dolar untuk tujuan pendidikan, agama, dan ilmiah.

Pada tahun 1913, miliarder Amerika pertama ini mendirikan Rockefeller Foundation, yang memiliki tujuan ambisius "untuk memajukan kesejahteraan umat manusia di seluruh dunia."

BACA JUGA:Mengapa Kucing Suka Tidur di Depan Rumah? Inilah 5 Alasannya, Ternyata Menganggap Kamu Majikan Lho!

Yayasan tersebut berkontribusi pada pencapaian seperti pengembangan vaksin demam kuning dan keberhasilan eradikasi penyakit cacing tambang di Amerika Serikat.

Sekolah Wanita Afrika-Amerika Dinamai Sesuai Dengan Nama Gadis Istri Rockefeller

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: