Hukumnya Sunnah, Ternyata Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Membunuh Cicak Dalam Islam!

Hukumnya Sunnah, Ternyata Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Membunuh Cicak Dalam Islam!

Hukumnya Sunnah, Ternyata Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Membunuh Cicak Dalam Islam!-ist/Pestkilled-radarkuningan.com

Banyak riwayat menyatakan bahwa membunuh cicak adalah haram. Melakukan pukulan terhadapnya berulang kali juga memiliki banyak pahala. 

BACA JUGA:Jangan Dibunuh! Berikut Mitos Larangan Membunuh Ular Weling Menurut Adat Jawa

BACA JUGA:Kenalan Lebih Dalam Dengan Tanaman Ular Yang Satu Ini, Apa Saja Manfaat Lidah Mertua Bagi Kesehatan?

Meskipun demikian, perlu ditafsirkan lebih mendalam untuk memastikan apakah masih relevan.

Mengutip dari buku Kajian Islam Profesi Peternakan oleh Retno Widyani, Rasulullah SAW mengatakan hal-hal berikut tentang keutamaan dan pahala yang diberikan untuk membunuh cicak:

“Barang siapa membunuh cicak dengan sekali pukulan, maka dia mendapat kebaikan sekian dan sekian. Barang siapa membunuh cicak dengan dua kali pukulan, maka dia memperoleh kebaikan sekian dan sekian, yang lebih sedikit daripada yang pertama. Jika dia membunuh cicak dengan tiga kali pukulan, maka dia memperoleh kebaikan sekian dan sekian, yang lebih sedikit daripada yang kedua” (HR Muslim).

BACA JUGA:Apa Makanan Ular Kawat? Mengenal Spesies Si Ular Kecil Mungil Yang Jinak

BACA JUGA:Apakah Rumah Anda Termasuk ke Dalam 5 Ciri Rumah yang Disukai Ular? Berikut Ini Diantaranya! Oh Ternyata

Dalam buku ringkasan Shahih Muslim yang dituliskan oleh M. Nashiruddin al-Albani menjgelaskan tentang orang yang membunuh cicak dalam sekali pukulan akan mendapatkan ganjaran 100 kebaikan.

Namun jika lebih dari itu maka ganjarannya akan lebih sedikit daripada itu, dan jika pukulan ketiga akan lebih sedikit dari yang kedua.

Buku "Jawaban Pertanyaan Rumit dalam Islam" karya Syaikh Al-'Izz bin Abdus Salam As-Sulmi mengandung penjelasan lengkap tentang hal di atas, yang menyatakan:

"Yang dimaksudkan dari dibanyakkannya pahala dalam pukulan pertama sewaktu membunuh cicak adalah anjuran untuk berinisiatif atau bergegas membunuhnya dan anjuran untuk membunuhnya dalam sekali pukulan. Jika ingin memukulnya beberapa kali, boleh jadi cicak justru bisa kabur dan usahanya menjadi gagal (karena kehilangan fokus lantaran asal pukul saja). Wallahu'alam." terang Imam Nawawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: