Warga Karangbaru Kuningan Bersorak, Kepala Desa Akhirnya Teken Surat Pengunduran Diri

Warga Karangbaru Kuningan Bersorak, Kepala Desa Akhirnya Teken Surat Pengunduran Diri

Ratusan warga Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan berteriak saat kepala desa datang ke balai desa dikawal petugas, Kamis siang 9 Maret 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Perjuangan panjang warga Desa Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan selama berbulan-bulan berakhir dengan manis.

Dalam musyawarah desa khusus (musdesus) yang digelar di Balai Desa Karangbaru, Kamis 9 Maret 2023, Kepala Desa Andi S akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya.

BACA JUGA:Jabar Dapat Hibah 10 Juta Dolar AS dari Korea Selatan untuk Green Public Transportation

Tak hanya secara lisan, kepala desa juga menandatangani surat pernyataan pengunduran diri di atas materai. Pengunduran sang kades disambut sukacita ratusan warga Karangbaru yang memadati balai desa.
 
Surat tersebut langsung diserahkan ke Plt Camat Ciwaru, Nana Kusmana disaksikan Kapolsek dan Danramil. Selanjutnya camat akan menyerahkan surat tersebut kepada Bupati Kuningan, H Acep Purnama.
 
 
Jalannya musdesus yang dimulai sekitar pukul 14.00 hingga pukul 15.30 berlangsung cukup tegang. BPD, LPM, Karang Taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat sudah berada di balai desa selepas Dzuhur. Hampir 80 persen warga Karangbaru tumplek di area balai desa. 
 
Hadir juga Plt Camat Ciwaru, Kapolsek Ciwaru, Danramil, dan juga perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan.
 
Sedangkan kepala desa terpaksa harus dijemput petugas ke rumahnya agar bisa hadir dalam musdesus. 
 
 
Saat musdesus, masyarakat tetap pada pendiriannya yakni kepala desa untuk mundur dari jabatannya. Namun kepala desa berusaha untuk menjelaskan duduk permasalahan yang dipersoalkan warga.
 
Termasuk juga mau menyampaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ), namun tetap ditolak oleh peserta musdesus.
 
H Yusnandi, tokoh masyarakat setempat membenarkan jika kepala desa sudah menyatakan mengundurkan diri di hadapan peserta musdesus, Plt Camat, Kapolsek, Danramil dan perwakilan DPMD.
 
"Alhamdulillah Pak Kades sudah menyatakan mundur. Dia juga menandatangani surat pengunduran dirinya," jelas Yusnandi, Kamis sore 9 Maret 2023.
 
 
Ketua Karang Taruna Karangbaru, Hari Bagus juga menyatakan hal serupa. Dia menjelaskan, awalnya kepala desa tetap bertahan untuk tidak mundur.
 
Namun seluruh peserta musdesus tetap meminta agar kepala desa segera mundur. 
 
Akhirnya kepala desa memutuskan mundur karena mayoritas masyarakat Karangbaru menginginkan hal itu.
 
Tapi ketika surat pernyataan pengunduran diri dibawa ke kantor kecamatan, baru ketahuan belum ditandatangi oleh kepala desa. 
 
 
"Tahu belum diteken, kami kembali ke rumah kades untuk minta menandatanganinya. Setelah ditandatangani, kami bawa lagi ke kantor kecamatan,. Pihak kecamatan berjanji akan segera menyetahkan surat pengunduran diri kepala desa secepatnya ke bupati," ujarnya diamini warga lainnya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: