Peringati Hari Lahir Pancasila, Ratusan Anak PAUD Manislor Kuningan Adu Kemampuan Menggambar

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ratusan Anak PAUD Manislor Kuningan Adu Kemampuan Menggambar

Ratusan anak usia dini dari puluhan PAUD, mengikuri sejumlah lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Ratusan anak usia dini dari puluhan PAUD, mengikuri sejumlah lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.
 
Perlombaan tersebut dihelat di Gedung Fadhal Umar JAI, Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. Adapun lomba yang diikuti anak-anak PAUD itu adalah hapalan Juz Amma dan lomba mewarnai gambar. 
 
 
 
Ketua penyelenggara, Siti Kamilah menjelaskan kegiatan ini digelar oleh PAUD Manislor dalam upaya menanamkan jiwa Pancasila kepada anak-anak sejak usia dini.
 
Peserta yang ambil bagian dalam aneka perlombaan tersebut berasal dari 23 lembaga pendidikan dengan ratusan peserta.
 
"Peserta yang mendaftar dan hadir berasal dari 23 lembaga pendidikan. Jumlah peserta didik ada 324, 58 pembimbing. Acara perlombaan berlangsung lancar. Banyak orang tua yang ikut menghadiri dalam acara ini," papar Siti Kamilah, Minggu 28 Mei 2023.
 
 
 
Tujuan perlombaan, kata Siti Kamilah, adalah siswa dapat mengembangkan dirinya untuk mandiri sejak dini. Kemudian bisa membangun kebersamaan. Dari kegiatan tersebut, pihaknya melihat ada indikator keberhasilan dari sisi penyelenggaraan dan peran aktif lembaga pendidikan anak usia dini.
 
"Acara ini cukup sukses. Meski begitu, yang tak kalah pentingnya yakni peserta didik dapat mengenali lingkungan sekitar, dan mewujudkan peserta didik yang mandiri dan mencintai lingkungan," ujarnya.
 
 
 
Dia mengungkapkan, selain menggelar lomba mewarnai, lomba tahfidz, pihaknya juga mengadakan macam pameran. Seperti pameran Alquran dan pameran kesehatan, serta bazar.
 
"Ini sangat bagus dalam memberikan semangat untuk anak-anak. Tujuanya agar peserta didik bisa mandiri, berani, dan menambah kreasi dalam rangka mewarnai atau hafalan tahfidz," ungkap dia.
 
 
 
Sedangkan Yana Mariana, dari Himpaudi Kabupaten Kuningan memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan lomba. Pihaknya dan berharap kegiatan ini dapat mendorong tumbuh kembang anak dan juga mampu mengasah bakat anak itu sendiri.
 
"Kami dari Himpaudi tentu sangat bangga menyaksikan betapa semangatnya para peserta didik mengikuti berbagai perlombaan. Semoga saja dari kegiatan ini terasahnya kemampuan peserta didik," sebut Yana. 
 
Himpaudi berharap, agar kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali dengan lebih banyak peserta yang hadir.
 
"Dengan meriahnya kegiatan ini, kami bergarap untuk bisa dipertahankan dan kedepannya bisa tambah heboh dan pesertanya tambah banyak lagi," harap Yana.
 
 
 
Salah satu orang tua murid, Sri Mulyani mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Terutama dalam penyediaan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh panitia penyelenggara.
 
"Anak saya sangat antusias mengikuti kegiatan lomba hafalan dan terkesan mengunjungi gedung Fadhal Umar di Desa Manislor. Senang juga bisa hadir di sini karena ada bazar dan tempatnya luas dan nyaman," ungkap Sri. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: