Kolam Renang Bumi Pelangi Jalaksana, Sensasi Berenang di Air Pegunungan, Bikin Tubuh Pengunjung Kembali Bugar

Kolam Renang Bumi Pelangi Jalaksana, Sensasi Berenang di Air Pegunungan, Bikin Tubuh Pengunjung Kembali Bugar

Kawasan objek wisata Bumi Pelangi yang menawarkan kesegaran mandi dari air pegunungan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan terus menggeliat. Tak hanya oleh individu, pengelolaan objek wisata juga dilakukan pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

Contohnya di Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. Di desa ini sudah ada objek wisata yang diberi nama Bumi Pelangi.

 
 
Akses menuju lokasi Bumi Pelangi cukup mudah kendati berada tepat di lereng gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Ciremai.
 
Pengunjung yang datang dari jalan nasional Kuningan-Cirebon, bisa melanjutkan perjalanan melalui pertigaan Desa Jalaksana menuju ke Desa Babakanmulya. Dari jalan nasional jaraknya hanya sekitar 4 kilometer ke titik lokasi Bumi Pelangi 
 
Direktur Bumdes Mulya Kencana, Ruspendi menceritakan, sebelum dibangun kolam renang dengan aneka warna, kawasan ini dulunya hanya berupa ladang yang tanahnya milik Pemdes Babakanmulya.
 
Tahun 2019, Pemdes bekerjasama dengan pihak ketiga membuka tanah yang statusnya titisara desa itu menjadi lokasi wisata.
 
 
 
"Namun kerjasama itu hanya berlangsung 1,5 tahun karena pihak ketiga tidak menepati janjinya. Kawasan ini sempat terbengkalai hampir selama dua tahun. Barulah di bulan Juli 2022, Bumdes kembali menata dan mengelola Bumi Pelangi. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan hampir setahun," papar Ruspendi kepada radarkuningan.com.
 
Bumi Pelangi sendiri menawarkan sensasi berenang di alam terbuka dengan latar belakang Gunung Ciremai yang berdiri gagah. Udara di kawasan ini cukup dingin. Maklum saja berada tak jauh dari Ciremai. 
 
 
 
Sepanjang mata memandang, hanya ada keindahan alam saja. Termasuk juga panorama laut Jawa terlihat jelas dari tempat ini jika di malam hari. Di tempat ini juga tersedia gazebo serta lokasi swa foto yang ciamik.
 
Tiket masuk ke Bumi Pelangi juga terbilang murah. Pengelola mematok harga tiket masuk (HTM) hanya Rp10 ribu per orang. Dewasa dan anak anak dipatok harga yang sama. Harga tiket tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan.
 
"Tiket masuknya hanya Rp10.000 per orang. Sejak dikelola Bumdes Mulya Kencana dari Juli tahun lalu, sekitar 10 ribu wisatawan berkunjung ke Bumi Pelangi," tutur Ruspendi, Kamis 1 Juni 2023.
 
 
 
Pria yang juga menjabat sebagai Manajer Bumi Pelangi itu menambahkan, pihaknya sudah berencana menambah berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung.
 
Mulai dari penambahan kolam renang dewasa dilengkapi seluncuran, wahana permainan anak dan juga akan dibuka bumi perkemahan pada awal Juli nanti 
 
Ruspendi menerangkan, Bumi Pelangi mempunyai 20 kolam renang, dan 18 diantaranya sudah lama aktif. Kolam renang ini sangat dangkal karena dikhususkan untuk anak-anak. Tapi ada satu kolam untuk orang dewasa. Satu hal yang membedakan adalah kualitas air yang dipakai mengisi kolam renang 
 
"Kelebihan air kolam di Bumi Pelangi sama sekali tidak mengandung kaporit karena bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Airnya sangat dingin dan cocok untuk kesehatan. Saat mandi di pagi hari di Bumi Pelangi, dijamin tubuh akan terasa segar kembali," pungkas Pendi, panggilan akrabnya  (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: