Merdeka Belajar, Siswa SMPN 1 Ciniru Belajar Simulasi Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kuningan

Merdeka Belajar, Siswa SMPN 1 Ciniru Belajar Simulasi Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kuningan

Puluhan siswa Kelas VII SMPN 1 Ciniru, Kuningan mengikuti simulasi rapat paripurna di gedung DPRD Kuningan, Selasa 20 Juni 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Untuk mendukung program Merdeka Belajar, siswa kelas VII SMPN 1 Ciniru, menyambangi Gedung DPRD Kuningan, Selasa 20 Juni 2023.
 
Kedatangan puluhan siswa tersebut disambut Sub Koordinator Persidangan pada Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kuningan, Budi Heryadi dan pegawai Sekretariat Dewan.
 
 
 
Kunjungan para siswa bertagline study visit itu dalam rangka belajar simulasi proses persidangan di gedung wakil rakyat.
 
Agar proses simulasi persidangan seperti nyata, saat simulasi rapat paripurna, pegawai Sekretariat DPRD Kuningan turut dilibatkan seolah-olah menjadi perwakilan anggota dewan.
 
Wakasek Humas SMPN 1 Ciniru, Roni menerangkan, kedatangan para siswa ke gedung dewan untuk lebih memahami tugas dan fungsi kedewanan. Termasuk tata cara dalam sebuah rapat di internal anggota dewan.
 
“Ini adalah kegiatan study visit dari sekolah. Tujuannya mengenalkan tata cara kegiatan wakil rakyat kepada para siswa. Artinya, saya membawa peserta didik langsung kepada pembelajaran yang nyata,” jelas Roni, Selasa 20 Juni 2023. 
 
 
 
Menurut Roni, program merdeka belajar itu bukan hanya terpusat di kelas saja melainkan bisa belajar di mana saja sesuai dengan panduan merdeka belajar.
 
“Anak-anak juga kan belajar IPS, terdapat pembelajaran mengenai lembaga-lembaga pemerintahan. Apalagi sekolah kami cukup jauh dan ada di pelosok," tutur Roni. 
 
Dia menambahkam, bisa datang ke gedung dewan adalah kebanggaan karena anak-anak berkesempatan duduk di sini.
 
"Dan yang tak kalah pentingnya adalah mengenalkan tentang anggota dewan kepada para siswa. Sebab selama ini biasanya hanya melihat di gambar-gambar baliho saja," ujarnya.
 
 
 
Sedangkan Sub Koordinator Persidangan pada Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kuningan, Budi Heryadi mengapresiasi, kunjungan belajar dari SMPN 1 Ciniru. Apalagi selama kunjungan, para siswa dikenalkan tentang tugas-tugas sekretariat maupun tugas dan fungsi anggota dewan.
 
“Kita sampaikan tugas dan fungsi anggota dewan itu seperti apa misalkan dalam fungsi legislasi, fungsi anggaran hingga fungsi pengawasan. Termasuk simulasi persidangan, para siswa langsung terlibat dalam proses rapat di dalam ruang paripurna,” terang Budi Heryadi.
 
Simulasi ini dalam rangka mengenalkan pada pelajar. Jika sistem persidangan berjalan seperti dalam simulasi yang diperagakan, sehingga lebih mengetahui proses setiap rapat anggota dewan.
 
“Simulasi ini salah satu contoh bagi siswa, agar lebih tahu tentang persidangan di ruang rapat paripurna,” tambah dia.
 
 
 
Para siswa terlihat antusias saat mengikuti simulasi persidangan di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Kuningan. Bahkan usai simulasi, siswa diajak berkeliling oleh pihak sekretariat untuk mengetahui setiap ruangan anggota legislatif.
 
Sementara Sub Koordinator Perancang Perundang-undangan pada Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kuningan, Tati mengungkapkan, kunjungan siswa sekolah di gedung dewan memang biasa dilakukan termasuk dari kalangan mahasiswa.
 
 
 
Karena siswa yang biasanya hanya membaca buku, kini diperlihatkan tata cara langsung melalui simulasi persidangan.
 
“Siswa akan lebih tahu proses persidangan ternyata seperti ini, semoga bisa menambah wawasan bagi pelajar. Kami sangat terbuka menerima kunjungan belajar dari sekolah maupun universitas, sebab ini kan gedung rakyat,” sebut Tati.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: