Punden Berundak Sagarahiang - Situs Batu Naga Kuningan Dikaji untuk Jadi Situs Cagar Budaya

Punden Berundak Sagarahiang - Situs Batu Naga Kuningan Dikaji untuk Jadi Situs Cagar Budaya

Situs Batu Naga di Desa Jabranti menjadi salah satu objek yang diteliti untuk dijadikan Situs Cagar Budaya di Kabupaten Kuningan.-Foto Kiri: Dr Ali Akbar, Ilustrasi (Kanan): Bintang Megakusuma-radarkuningan.com

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Tempat Wisata yang Hits Di Kuningan, Jangan Sampai Terlewatkan!

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, U Kusmana mengungkapkan, untuk upaya pelestarian tersebut telah dibentuk tim ahli.

Mereka mendapatkan tugas untuk mencari tahu nilai sejarah hingga seluk beluk benda yang ada.

"Kita berharap nantinya objek ini bisa ditetapkan sebagai benda cagar budaya, sehingga warisan leluhur Kuningan ini bisa kita lestarikan," tandasnya.

Menurut U Kusmana, warisan sejarah termasuk dari peradaban megalitikum di Kabupaten Kuningan tidak ternilai harganya.

BACA JUGA:Ular Takut dengan 3 Tanaman Hias Ini, Apakah Benar? Bisa Menjadi Cara Mengusir Ular dari Rumah

Sayangnya, selama ini statusnya masih benda diduga cagar budaya. Sehingga upaya pelestarian hingga perlindungan menjadi sangat terbatas.

Seperti diketahui, Kabupaten Kuningan memiliki banyak peninggalan megalitikum di sekitar Gunung Ciremai dan wilayah timur.

Temuan yang tidak kalah mencengangkan adalah situs punden berundak Sagarahiang pada ketinggian 1.200 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL).

Kemudian Situs Bagu Naga di Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana. Situs ini menjadi bukti peradaban manusia di masa lalu yang sudah mengenal ritual kepercayaan.

BACA JUGA:Prediksi Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Bahkan terdapat relief batu naga pada situs batu tegak yang menjadi representasi bagaimana masyarakat pada zaman itu, menggambarkan mahluk naga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: