GERBONG Mutasi Pejabat Pemkab Kuningan Digelar Bulan Ini, Sejumlah Kepala Dinas Bakal Tergeser

GERBONG Mutasi Pejabat Pemkab Kuningan Digelar Bulan Ini, Sejumlah Kepala Dinas Bakal Tergeser

Sekretaris BKPSDM Kuningan, Dodi Sudiana. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Gerbong mutasi dijajaran pejabat, sedang disiapkan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama. Sejumlah pejabat Eselon II akan digeser ke tempat baru untuk penyegaran kinerja. Informasinya, rotasi mutasi dan promosi akan dilakukan oleh orang nomor satu di Kuningan pada bulan ini. 

Saat ini, ada dua jabatan kepala dinas yang kosong karena ditinggal meninggal dunia dan pensiun. Yakni Kepala BKPSDM dan Kepala Dinas PUTR.

BACA JUGA:Misteri Tanjakan Sidomba, Desa Peusing Kuningan, Bertemu Dua Makhluk Serba Putih Sedang Loncat-Loncat

BACA JUGA:Pencabutan Laporan Kasus Dugaan Selingkuh di Desa Cidahu Kuningan, Begini Penjelasan Syukron, Orang Tua MNF

Dari bisik-bisik tetangga, mutasi di akhir masa jabatan duet Bupati H Acep Purnama Wabup M Ridho Suganda terbilang cukup besar. Banyak nama-nama pejabat Eselon II yang akan terbawa gerbong mutasi.
 
Selain Eselon II, mutasi ini juga menyentuh pejabat Eselon III dan Eselon IV. Draf nama-nama yang akan terkena mutasi, rotasi dan promosi kabarnya sudah di tangan bupati dan Baperjakat.
 
Sumber radarkuningan.com menerangkan, ada sejumlah pejabat eselon II yang tergeser posisinya. Jumlahnya antara 5 sampai 6 pejabat, sisanya dipertahankan.
 
 
 
Kemudian jabatan kepala satuan kerja perangkat dinas (SKPD,) yang kosong akan diisi melalui proses lelang jabatan atau open bidding.
 
"Mutasi nanti sepertinya akan melibatkan seluruh pejabat eselon yang ada di lingkup Pemkab Kuningan. Mulai dari Eselon IV, III dan II. Untuk Eselon II, ada perubahan komposisi. Sedangkan Eselon III bamyak yang promosi dari Eselon IV lantaran banyak yang kosong ditinggal pensiun dan meninggal dunia," ujar sumber tersebut.
 
 
 
Saat dikonfirmasi, Sekretaris BKPSDM Kuningan, Dodi Sudiana memastikan kapan tanggal mutasi dilaksanakan. Sebab sampai saat ini proses pembahasan menyangkut mutasi, rotasi dan promosi oleh Bupati Acep Purnama belum tuntas. Namun dia yakin, agenda tersebut berlangsung masih di bulan ini. 
 
"Untuk kepastian tanggalnya, belum ada perintah dari pak bupati. Tapi kemungkinan besar mutasi, rotasi dan mutasi dilakukan di bulan Mei. Kami sih siap kapan saja, tergantung instruksi dari pak bupati. Sekarang masih dalam tahap pembahasan," terang Dodi kepada radarkuningan.com.
 
 
 
Ditanya apakah mutasi nanti melibatkan semua pejabat eselon, Dodi menjawab bahwa bisa saja mencakup seluruh eselon. Tapi harus menempuh beberapa prosedur. Seperti untuk posisi camat, harus mengajukan izin ke Kemendagri. 
 
"Jumlah pasti pejabat yang akan terbawa dalam agenda mutasi nanti belum diketahui. Masih menunggu pembahasan. Mudah-mudahan saja agenda ini bisa terlaksana di bulan Mei,' ujar Dodi, Senin 8 Mei 2023.
 
 
 
Hal senada diungkapkan Kabid Mutasi dan Pengembangan Karir BKPSDM, Saeful Bahri. Saeful menuturkam, agenda mutasi dalam tahap pembahasan. Begitu juga soal jumlahnya, belum ada kepastian.
 
"Hingga hari ini belum ada perintah untuk persiapan acara mutasi. Tapi kapan pun pak bupati minta, kami sangat siap," jawab Saeful. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: