Desa Legok Kuningan Catat Rekor Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha, 5 Sapi dan 78 Ekor Kambing Dipotong

Desa Legok Kuningan Catat Rekor Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha, 5 Sapi dan 78 Ekor Kambing Dipotong

Warga Desa Legok, Kecamatan Cidahu, Kuningan memotong 5 sapi dan 78 ekor kambing di Hari Raya Idul Adha, Kamis 29 Juni 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Kompak, guyub dan menaruh kepercayaan tinggi kepada panitia kurban. Itulah yang ditunjukkan warga Desa Legok, Kecamatan Cidahu, Kuningan.

Saat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Kamis 29 Juni 2023, puluhan warga setempat yang memang sudah berniat untuk berkurban, mendatangi panitia untuk menyerahkan hewan kurbannya.

BACA JUGA:Hadir di Acara PSNU Pagar Nusa, Bupati Kuningan dan Istri Ikut Bagikan Daging Kurban

BACA JUGA:Berawal dari Perbaiki Alat Khitan Milik Dokter, Kini Sertu Agus Rahwa Awaludin Jadi Crazy Rich Asal Kuningan

Ternyata warga Legok lebih suka menyerahkan  pengelolaan hewan kurban kepada panitia di desa, ketimbang memotongnya sendiri di sekitar tempat tinggalnya.
 
Dan jumlah hewan kurban yang terkumpul pun sangat luar biasa. Sebanyak 5 ekor sapi dengan berat berbeda, dan 78 kambing yang menjadi hewan kurban di desa tersebut.
 
Menariknya, panitia kurban dibentuk oleh Yayasan Masjid Miftahussa'adah Desa Legok yang diketuai H Ahmad Sadudin. Jumlah panitia kurban sebanyak 80 orang. Pemotongan kurban secara kolektif di desa ini sudah dilakukan sejak 20 tahun lalu.
 
"Alhamdulillah tradisi ini sudah berlangsung 20 tahun. Tak ada warga Legok yang memotong hewan kurbannya di lingkungannya. Semua yang berkurban, menyerahkan ke panitia yang dibentuk yayasan," jelas H Ahmad Sadudin, Kamis 29 Juni 2023.
 
 
 
Menurut Sadudin, sama seperti desa-desa lainnya, dulunya warga Legok juga memilih memotong hewan kurbannya dekat rumah.
 
Namun berkat pendekatan yang terus menerus untuk membangun kepercayaan, akhirnya warga rela menyerahkan pengelolaan hewan kurban ke panitia. 
 
"Dan sekarang ini sudah berjalan selama 20 tahun. Butuh perjuangan agar masyarakat percaya kepada panitia. Tidak serta merta warga percaya. Tapi kami tidak menyerah. Kuncinya, menjaga kepercayaan masyarakat," tegas Ahmad Sadudin.
 
 
 
Untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini, kata dia, pihak yayasan mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memotong 5 sapi dan 78 ekor kambing.
 
Seluruh daging kurban dibagikan kepada masyarakat yang sebelumnya sudah diberi kupon oleh panitia. Total ada 1.079 warga Legok yang mendapat pembagian daging kurban.
 
Sadudin merinci setiap satu kantong daging kurban berisi 9 ons daging, setengah kilogram tulang dan 2 ons jeroan. Seluruh isi kantong daging kurban beratnya sama dan diserahkan pemegang kupon. 
 
"Satu hari sebelum pelaksanaan pemotongan, panitia membagikan kupon. Totalnya 1.079 kupon yang kami bagikan. Alhamdulillah semuanya kebagian, tidak ada yang tertinggal," kata Sadudin 
 

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Urunan Selama Setahun, Akhirnya Pegawai BKPSDM Kuningan Tahun Ini Kurban Sapi

Sadudin dan warga Legok lainnya berterima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, H Ahmad Handiman Romdhony datang ke Desa Legok.
 
Tujuannya, untuk melakukan monitoring pelaksanaan kurban yang dikelola oleh Yayasan Masjid Miftahussa'adah.
 
"Atas nama warga Desa Legok, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kepala Kemenag Kuningan yang sudah melakukan monitoring ke desa ini," ucapnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: