MANTAP, Tiga Ketua Partai di Kuningan yang Sukses Dongkrak Kursi Dewan, Ada Ustad dan Politisi Jago Berdagang

MANTAP, Tiga Ketua Partai di Kuningan yang Sukses Dongkrak Kursi Dewan, Ada Ustad dan Politisi Jago Berdagang

Ketua DPD PKS, Ketua DPC Gerindra, Ketua DPC PKB Kuningan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pileg 2024 tinggal 7 bulan lagi. Hampir semua partai politik peserta pemilu sudah menyiapkan strategi dan kader terbaiknya guna memenangkan pertarungan.

Tak hanya di tingkat regional dan nasional, tensi politik di Kabupaten Kuningan juga mulai memanas.

BACA JUGA:Event Pembuka Maxi Yamaha Day 2023, Ratusan Biker Camping di Gunung Picung Bogor

BACA JUGA:Dua Rumah Warga Jalaksana Kuningan Kebakaran, Diduga Api dari Tungku Pembuatan Tempe

Setiap partai gencar melakukan sosialisasi mengenalkan bakal calon legislatif andalannya ke tengah-tengah masyarakat. 

 
Momen Pileg juga menjadi palagan bagi para ketua partai politik meraih kursi sebanyak-banyaknya.
 
Semakin banyak kursi yang berhasil diraih di DPRD Kuningan, maka pamor dan wibawa ketua partai juga langsung melejit ke puncak karir politiknya.
 
Jabatan bergengsi di parlemen daerah yakni Ketua atau Wakil Ketua DPRD, sudah tentu akan dalam digenggaman partai tersebut.
 
 
 
Dari sejumlah partai politik di Kota Kuda, ada tiga partai yang lahir di era reformasi namun meraih kesuksesan yaitu merebut kursi parlemen yang cukup fantastis.
 
Antara lain Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKS Kuningan pernah memiliki 7 kursi pada Pileg 2019 silam.
 
Partai Gerindra juga berjaya di Pileg 2019 dengan 7 kursi serta PKB di pileg yang sama dengan raihan 6 kursi.
 
Kursi PKS di Pileg 2019 sama persis dengan capaian di Pileg 2004 silam. Saat itu PKS meraih tujuh kursi. Namun pada Pileg 2009 dan 2014, perolehan kursi PKS turun menjadi 5 kursi.
 
 
 
Partai tersebut kembali menggebrak jagat politik Kuningan dengan perolehan kursi yang signifikan. Tak tanggung-tanggung PKS memborong 7 kursi di DPRD Kuningan. 
 
Ketua DPD PKS Kuningan, H Dwi Basuni Natsir mengatakan, lonjakan terbesar PKS di pesta demokrasi lima tahunan itu terjadi pada Pileg 2004 dan 2019 lalu. Dimana partainya sukses mendudukkan 7 anggota dewan di parlemen daerah. 
 
"Perolehan kursi PKS di DPRD Kuningan naik turun. Tahun 2004 sebanyak 7 kursi, 2009 dan 2014. Lalu pada Pileg 2019 kami bangkit kembali dengan merebut 7 kursi," ujar Dwi Basuni Natsir yang akrab dipanggil Pak Ustad tersebut. 
 

BACA JUGA:Ada Aroma Mesiu Pertempuran di Dapil Kuningan III, 6 Ketua dan Istri Ketua Partai Saling Sikut di Pileg 2024

Partai lainnya yang meraih kegemilangan dalam Pileg adalah Partai Gerindra. Lewat tangan dingin sang ketua partai, H Dede Ismail atau Deis mengantarkan Gerindra Kuningan merangsek ke papan atas. Tanda-tanda kejayaan Gerindra sudah terlihat saat Pileg 2014 dimana berhasil meraih 4 kursi.
 
"Perjuangan Gerindra untuk bisa meraih suara sangat berat, namun tak menyurutkan semangat kader dan pengurus partai. Alhamdulillah dari 4 kursi, akhirnya pada Pileg 2019, Gerindra menyabet 7 kursi di DPRD Kuningan. Dan di Pileg 2024, kami yakin bisa menambah 3 kursi jadi 10 kursi," beber Deis, panggilan akrabnya yang dimasa mudanya pernah berniaga obralan pakaian di arena Muludan, Cirebon. 
 
 
 
Kesuksesan juga diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di bawah sosok kharismatik, H Ujang Kosasih, PKB menembus posisi empat besar peraih kursi terbanyak di DPRD Kuningan.
 
Saat ini, PKB mempunyai enam wakil rakyat dan membentuk fraksi sendiri di parlemen daerah hasil Pileg 2019 lalu. 
 
"Alhamdulillah capaian politik PKB di Kabupaten Kuningan stabil dan mengalami lonjakan ketika Pileg 2019. Masyarakat Kuningan memberikan kepercayaan kepada PKB hingga berhasil meraih 6 kursi. Terima kasih kepada masyarakat, kader, pengurus dan anggota dewan serta bacaleg PKB yang terus semangat berjuang," ujar Ujang yang juga sering dipanggil Pak Ustad. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: