Pilkades Serentak Kuningan 2023, Kepala Desa Parung dan Kades Cibulan Kembali Maju ke Medan Perang

Pilkades Serentak Kuningan 2023, Kepala Desa Parung dan Kades Cibulan Kembali Maju ke Medan Perang

Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan dan Kepala Desa Parung, Darma, Osa Maliki kembali maju di gelaran Pilkades Serentak.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pemkab Kuningan sudah menetapkan Pilkades Serentak digelar pada bulan Agustus mendatang.

Sebanyak 94 desa yang tersebar di 31 kecamatan akan menghelat pesta demokrasi enam tahunan tersebut. Beberapa tahapan Pilkades serentak tengah berlangsung saat ini. 

BACA JUGA:Di Pasar Kepuh Kuningan, Pasokan Bahan Pokok Stabil, Harga Gula Pasir Alami Kenaikan

BACA JUGA:Bantu Petani Desa Maleber, Kodim 0615 Kuningan Sukses Bangun Jembatan Penghubung

Tak sedikit kepala desa petahana yang kembali mencalonkan diri dalam Pilkades serentak tahun ini.
 
Salah satunya yakni Kepala Desa Parung, Kecamatan Darma, Osa Maliki. Pencalonan Kades Osa ini adalah kali ketiga setelah dua periode menjabat sebagai Kepala Desa Parung.
 
"Insya Allah saya kembali maju di Pilkades serentak. Saya sudah dua periode menjabat kepala desa. Ini adalah pencalonan saya untuk periode ketiga. Semoga saja niat baik saya dilancarkan Allah SWT, dan masyarakat kembali mempercayai saya. Mohon doanya ya kang," kata Kades Osa Maliki kepada radarkuningan.com.
 
 
 
Osa mengaku, niatnya kembali maju memimpin Desa Parung karena ibadah. Kemudian juga ada sejumlah program pembangunan yang belum tuntas.
 
"Selama dua periode menjabat, Alhamdulillah berbagai pembangunan dan pemberdayaan di Desa Parung berjalan dengan baik. Jika masyarakat Parung kembali memberikan kepercayaan kepada saya, akan saya jalankan sebaik-baiknya," kata Osa Maliki, Selasa 13 Juni 2023.
 
Incumbent lainnya yang kembali maju adalah Kepala Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan. Selama menjabat, Iwan cukup sukses memajukan pembangunan di desanya.
 
Dari pembangunan infrastruktur, Kades Iwan berhasil mengubah wajah Cibulan menjadi lebih modern. Bangunan gedung Pemerintahan Desa dan masjid nampak berdiri megah.
 
 
 
Begitu juga dengan jalan lingkungan di desa tersebut sekarang jauh lebih bagus. Kemudian Kades Iwan juga menyulap eks lokasi tambang pasir menjadi lahan produktif. Yakni ditanami kacang kedelai yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat Cibulan itu sendiri.
 
Terkait keberhasilannya membangun Cibulan, Iwan Gunawan tetap merendah. Menurutnya, suksesnya pembangunan dan pemberdayaan ekonomi tak lepas dari kerjasama semua komponen masyarakat Cibulan. Bukan hanya yang berdomisili di desa saja melainkan juga warga yang merantau.
 
"Itu berkat kerja keras semua lapisan masyarakat. Saya hanya berusaha memberikan yang terbaik bagi Cibulan," ujar Kades Iwan dengan nada merendah. 
 
 
 
Sementara berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, di Kecamatan Darma ada dua desa yang menyelenggarakan Pilkades. Yakni Desa Parung dan Desa Sakerta Barat. Sedangkan kecamatan yang desanya paling banyak menggelar Pilkades adalah Kecamatan Maleber dan disusul Kecamatan Japara.
 
Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada DPMD Kuningan, Hamdan Harismaya mengatakan, di Kecamatan Maleber ada 7 desa yang masa jabatan kepala desanya sudah selesai dan akan melangsungkan pemilihan kepala desa.
 
Ketujuh desa tersebut yakni Dukuhtengah, Mekarsari, Cikahuripan, Kutamandarakan, Giriwaringin, Buniasih, dan Desa Garahaji.
 
 
 
Selanjutnya untuk Kecamatan Japara, kata dia, terdapat enam desa penyelenggara Pilkades. Desa Kalimati, Cikeleng, Cengal, Wano, Japara dan Garatengah.
 
"Di Kecamatan Jalaksana, Cilimus, Cibeureum, Cimahi, Hantara, serta Cilebak masing-masing empat desa yang menyelenggarakan Pilkades. Sedangkan kecamatan lainnya ada yang tiga desa, dua desa bahkan satu desa," ujar Hamdan.
(Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: